kewirausahaan NA

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN REGIONAL III PIMPINAN PUSAT NASYIATUL AISYIYAH

Palangkaraya, – Semakin banyak wirausahawan/wati, maka semakin banyak pula penghasilan negara ini, juga menjadikan mereka mandiri secara ekonomi tidak tergantung kepada ekonomi kapitalis. karena tujuan Kewirausahaan ini adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara umum, tentunya perempuan secara khusus, selain itu [...]

IMG-20150321-WA002

MUSYAWARAH WILAYAH I PWNA PAPUA BARAT

Manokwari,- Menyambut generasi yang baru di Papua Barat, pada tanggal 01 Maret 2015, telah dilaksanakan Muswil PWNA Papua Barat dengan Tema : “Perubahan Untuk Efektifitas Organisasi dan Gerakan Advokasi Ramah Perempuan dan Anak”. Menurut Sekretaris Jendral Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah [...]

IMG-20150219-WA003

TOT MUBALLIGHAT NASYIATUL ‘AISYIYAH REGIONAL I SUMATERA

Palembang, – Untuk mencetak trainer-trainer pelatihan Muballighat Nasyiatul Aisyiyah yang mempunyai kemampuan, PWNA Sumatera Selatan menyelenggarakan TOT Muballighat Nasyiatul ‘Aisyiyah Regional I Sumatera, pada hari Kamis-Sabtu (19-21 Februari 2015) di Palembang, Jl. A. Yani Komplek UMP Kelurahan 13 Ulu Palembang. [...]

pdna brebes

Tingkatkan Wawasan Organisasi, PDNA Brebes Selenggarakan Upgrading

Brebes – Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang manajemen organisasi, PDNA Kabupaten Brebes menyelenggarakan kegiatan upgrading bagi personil pimpinan daerah, cabang, dan ranting pada Ahad (19/10/2014) di SMA Muhammadiyah Bumiayu.

TKA2

PCNA Kalikajar Wonosobo Siapkan Generasi Qur’ani Melalui TK Al-Qur’an

Wonosobo – Anak terlahir bagaikan selembar kertas putih, ia akan menjadi seperti apa tergantung dari yang mewarnai jiwanya. Apa yang ditorehkan di kertas tersebut, itulah yang akan membentuk karakter anak. Anak yang ditanamkan dengan warna agama dan budi pekerti akan lebih mampu [...]

 

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN REGIONAL III PIMPINAN PUSAT NASYIATUL AISYIYAH

kewirausahaan NA

Palangkaraya, – Semakin banyak wirausahawan/wati, maka semakin banyak pula penghasilan negara ini, juga menjadikan mereka mandiri secara ekonomi tidak tergantung kepada ekonomi kapitalis. karena tujuan Kewirausahaan ini adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat secara umum, tentunya perempuan secara khusus, selain itu akan meningkatkan harkat dan martabat pribadi yang berwirausaha, masyarakat serta bangsa dan negara.

Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 10-12 April 2015 di Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Palangkaraya. Dengan tema :”Membangun Jiwa Enterpreneur Muda  Menuju masyarakat sejahtera dan Bermartabat.”

Navi Agustina (PPNA) selaku Master of Training memaparkan rangkaian kegiatan, acara pembukaan yang disambut dengan tarian Mandau khas dari Palangkaraya, kemudian ketua Panitia Mila menyebutkan jumlah peserta  yang mengikuti Pelatihan, Lalu Sambutan oleh ketua PWNA Kalteng selaku tuan rumah, yaitu Saudari Nurul Komariah, dan Sambutan dari Ketua PWM Kalimantan Tengah. Acara ini dibuka langsung oleh PPNA yang dalam hal ini diwakili oleh Saudari Upik Rachmawati. Pembukaan dihadiri oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah, dan semua ortom.

Pada Materi Pertama disampaikan oleh saudari Upik Rahmawati (PPNA) tentang Memulai hidup dengan berwirausaha, lalu hari kedua disampaikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM propinsi Kalteng, dengan materi Manajemen UMKM, Lalu dari BRI syariah tentang Pentingnya Permodalan bagi Usaha kecil dan menengah. Para Peserta cukup aktif bertanya kepada pemateri, sehingga terjadi dialog yang positif, yang menandakan peserta cukup tertarik dengan materi materi yang telah disampaikan .

Di hari kedua, peserta  melakukan kegiatan Field Trip mengunjungi “Rumah Jamur”. Di sana peserta belajar bagaimana Proses Budidaya jamur dan Pengolahan makanan berbahan baku jamur. Para peserta nantinya  bisa memilih akan usaha di bidang budidaya jamur atau pengolahan bahan baku jamur. Peserta juga  melakukan Praktek membuat 3 jenis   makanan  berbahan baku jamur, yaitu Bakso Jamur, Nugget Jamur, dan Jamur Crispy. Peserta sangat antusias dalam kegiatan ini.

Setelah kegiatan Filed Trip, malamnya, peserta melanjutkan Materi dari PP Nasyiatul Aisyiyah tentang “ Strategi pengembangan Buana”,  Materi ini juga tidak kalah pentingnya dengan materi-materi lain, karena diharapkan seluruh PWNA memiliki Buana. Para peserta banyak menyampaikan beberapa kendala juga hal yang menjadi peluang di daerahnya mengenai pembentukan BUANA. Dan materi terkahir yaitu  Materi “Menyusun  Bisniss  Plan” disampaikan oleh  seorang Wirausahawan yang sudah cukup berhasil di Palangkaraya.

Hari Ketiga, Peserta melakukan Evaluasi dan Menyusun bussines Plan masing masing Wilayah. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar, dan Tiba saatnya acara Penutupan . Acara Penutupan tak seperti biasanya karena Panitia mengadakan acara ini ditempat wisata Kum Kum, sambil menikmati Kuliner dan Hiburan. Para Peserta pun sempat menari bersama dengan alunan musik dan lagu daerah palangkaraya, sehingga acara penutupan sangat hangat dan berkesan, ujarnya. (Nina)

MUSYAWARAH WILAYAH I PWNA PAPUA BARAT

IMG-20150321-WA002

Manokwari,- Menyambut generasi yang baru di Papua Barat, pada tanggal 01 Maret 2015, telah dilaksanakan Muswil PWNA Papua Barat dengan Tema : “Perubahan Untuk Efektifitas Organisasi dan Gerakan Advokasi Ramah Perempuan dan Anak”.

Menurut Sekretaris Jendral Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah Ulfah Mawardi yang telah berkenan hadir dalam acara tersebut kader Nasyiah yang ada di Papua ini sangat aktif dan Masif gerakannya. beliau juga menceritakan sebelum kegiatan tersebut dimulai, pada hari jum’at di Jayapura ada pertemuan pra musywil papua barat dengan teman-teman PWNA Papua,  pada hari sabtu mengisi materi dialog AMM di amal usaha muhammadiyah (sma muh).

kemudian menginformasikan kembali pelaksaanaan Musywil di Papua Barat:  Dari Papua 2 PWNA yang datang, Alhamdulillah walaupun hujan deras musywil berjalan dengan baik, lancar dan teman-teman di sana sangat antusias mengikutinya, bukan cuma formatur tapi sudah ada struktur , hasilnya PWNA yang ke- 33, sudah terbentuk, Saudari Anita terpilih menjadi Ketum.

Wilayah PWNA Papua : PDNA. Kota Jayapura, PDNA Kerom, PDNA Kab. Jayapura, PDNA Kab. Nabire dan PDNA kab. Merauke. Masuk PWNA Papua Barat : PDNA Manokwari, PDNA Kota Sorong, PDNA Kab. Sorong, PDNA Pak-pak.

“Program kerja daerah masih sangat sederhana, hanya mampu melakukan pengajian secara rutin itupun bersama Aisyiyah atau kelompok majelis taklim. Namun dengan begitu suasana Aisyiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah menjadi hidup dan berkembang,” ujarnya (Nina).

TOT MUBALLIGHAT NASYIATUL ‘AISYIYAH REGIONAL I SUMATERA

IMG-20150219-WA003

Palembang, – Untuk mencetak trainer-trainer pelatihan Muballighat Nasyiatul Aisyiyah yang mempunyai kemampuan, PWNA Sumatera Selatan menyelenggarakan TOT Muballighat Nasyiatul ‘Aisyiyah Regional I Sumatera, pada hari Kamis-Sabtu (19-21 Februari 2015) di Palembang, Jl. A. Yani Komplek UMP Kelurahan 13 Ulu Palembang. Kegiatan PMNA I dihadiri oleh 15 orang  dan PMNA II 22 Orang peserta. Read more »

Departemen Kominmas Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah-2013-