Workshop Manajemen Organisasi

Usia muda memang penuh dinamika, gejolak, dan berbagai tantangan. Kegagalan yang merupakan peluang dan kesuksesan dari hasil sebuah perjuangan. Keberadaan para pemuda diharapkan memiliki gagasan segar dalam mengisi setiap jengkal kebijakan yang lebih mengedepankan kepentingan besar diatas kepentingan pribadi atau kelompok sehingga berpeluang untuk dapat terjadi suatu perbaikan dalam setiap momentum perubahan bangsa.

Berbicara tentang generasi muda, tentunya tak luput dari pembahasan mengenai kepemimpinan. Pemimpin yang berarti seorang panutan dalam keharusannya memiliki beragam keterampilan untuk dapat merangkul segala golongan. Bisa juga dikatakan bahwa kepemimpinan dapat dipandang sebagai suatu aspek dalam berbagai peran.

Secara kuantitas jumlah perempuan di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Peran serta perempuan dalam kancah kemasyarakatan seharusnya memiliki potensi yang sangat besar. Sebagai organisasi perempuan muda yang berdiri sejak lama, Nasyiatul Aisyiyah mendorong perempuan muda di Indonesia menjadi orang-orang istimewa yang berhasil tampil di depan yang merupakan perintis, pelopor, ahli-ahli pikir, pencipta serta ahli organisasi. Mereka ada bukan hanya dilahirkan untuk menjadi pemimpin, tetapi juga dapat muncul sebagai hasil dari suatu proses pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari cara dalam menjalankan tugasnya yang tentu tidak hanya bertanggungjawab terhadap masalah-masalah internal mencakup pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia semata. Namun secara eksternal juga dituntut memiliki tanggungjawab sosial kemasyarakatan.

Nasyiatul Aisyiyah adalah organisasi yang terstruktur dari tingkat pusat sampai ranting seperti halnya struktur pemerintahan. Selain itu Nasyiatul Aisyiyah berada di bawah payung besar Muhammadiyah. Pimpinan Nasyiatul Aisyiyah seluruhnya merupakan kader terdidik dan terpelajar dengan tingkat pendidikan minimum adalah diploma dan separuh lebih bergelar sarjana dengan berbagai keahliannya. Sebagai seorang kader yang memiliki tingkat intelektualias tinggi, Nasyiatul Aisyiyah menjadi garda depan dalam merespon berbagai permasalahan umat dan bangsa terutama yang berkenaan dengan permasalahan agama dan sosial terutama perempuan dan anak. Potensi Nasyiatul Aisyiyah ini menjadi kekuatan besar untuk menggerakkan akar rumput Nasyiatul Aisyiyah dengan sinergi dari berbagai pihak. Sehingga sangat penting bagi Nasyiatul Aisyiyah meningkatkan kapasitas Pimpinan Nasyiatul Aisyiyah.

DESKRIPSI KEGIATAN

Workshop Manajemen Organisasi: Tata Kelola Organisasi Perempuan Muda Berkemajuan yang mencakup:

a. Pemetaan potensi dan pemantauan secara berkala pimpinan di bawahnya.
b. Pengelolaan informasi kegiatan secara real time (online) sehingga semua kegiatan dapat segera dilaporkan dan diambil keputusan secara cepat.

c. Pengelolaan  konten di website.

Kegiatan ini akan dikerjasamakan dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. 

TUJUAN KEGIATAN

  1. Meningkatkan kemampuan dalam menentukan dan memetakan potensi pimpinan di bawahnya.
  2. Meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai forum sinergi program dan kontroling kebijakan.
  3. Meningkatkan kemampuan pengelolaan konten di website. 

SASARAN

  1. Peserta kegiatan ini adalah Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah yang merupakan wakil perempuan muda di setiap propinsi di Indonesia, yang memiliki semangat untuk maju, yang bisa membawa masyarakat kepada era yang lebih modern yang harus kompatibel dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

 

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us