Pencegahan Kekerasan terhadap Remaja, PWNA Banten Selenggarakan PASHMINA

Pencegahan Kekerasan terhadap Remaja, PWNA Banten Selenggarakan PASHMINA

NASYIAH.OR.ID.,PANDEGLANG --Maraknya pemberitaan kasus kekerasan seksual yang menimpa perempuan remaja dan anak-anak baik di lingkungan sekolah, pesantren hingga lingkungan keluarga di wilayah Banten. Rumah yang selama ini dianggap mampu memberikan perlindungan justru dijadikan tempat praktek pelecehan asusila oleh sebagaian oknum pelaku termasuk di lingkungan Pesantren. Hal ini menjadi titik fokus Nasyiatul Aisyiyah Provinsi Banten dalam berdakwah, memberikan pemahaman sebagai langkah preventif orang tua dan anak agar dapat berhati-hati atas kasus kekerasan seksual yang terjadi di berbagai daerah di wilayah Banten.

“Perempuan remaja adalah generasi rentan yang butuh banyak asupan edukasi dan pengetahuan tentang dirinya, usia mereka adalah fase sedang aktif-aktifnya, di mana terjadinya perubahan biologis, psikologis dan perubahan sosial ” tutur Sukaesih, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah (PWNA) Provinsi Banten.

PWNA Banten bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Pandeglang, Organisasi Otonom Muhammadiyah (Ortom) lain setingkat dan  Amal Usaha Muhammadiyah (MA/MTs Muhamamdiyah Kubangkondang) Se-Pandeglang  mengadakan Seminar Kesehatan Remaja dan PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah). Kegiatan ini terlaksana Sabtu, 06 Agustus 2022 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kubangkondang.

 

PASHMINA merupakan kegiatan bertukar pikiran tentang kesehatan reproduksi, konsultasi psikologi yang terdiri atas pos layanan kesehatan meliputi layanan indeks masa tubuh dan pemeriksaan kadar HB, pos konsultasi kesehatan reproduksi, pos konseling dan pos makanan bergizi, serta pos edukasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di suatu daerah.

Tupliah, Ketua Departemen Sosial dan Kesehatan PWNA Provinsi Banten menuturkan bahwa PASHMINA adalah program turunan dari Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah.

"Program ini kemudian menjadi program unggulan Nasyiatul Aisyiyah di wilayah Banten. Kami rasa, edukasi kesehatan baik kondisi perkembangan tubuh, psikis hingga asupan gizi pun penting bagi remaja. Tidak hanya balita saja, remaja justru penting untuk imunisasi," jelas Tupliah.

  

Narasumber lain pada kegiatan ini  Hj. Nurul Wasiah, AMD. Keb, perwakilan DPRD Provinsi Banten dan  Bung Dwi Nopriadi Atmawijaya Ketua KNPI Provinsi Banten. Dari unsur tenaga kesehatan profesional di antaranya adalah tim Puskesmas Cisata, Tenaga Kesehatan Muhammadiyah; MDMC, Ahli Gizi serta Psikolog. (unasanaya)

Berita terkait: