Media Sosial Bawa Misi Toleransi dan Pelestarian Lingkungan

Media Sosial Bawa Misi Toleransi dan Pelestarian Lingkungan

NASYIAH.OR.ID, Yogyakarta- Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah menggelar workshop bertajuk Pengembangan Materi Kampanye Eco Bhinneka di Media Sosial (23/07/22). Bertempat di Yogyakarta, kegiatan ini diselenggarakan sebagai misi untuk menyebarluaskan nilai-nilai Eco Bhinneka pada masyarakat luas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital yang semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses beragam informasi. Misi lain dari kegiatan ini, menjadi wadah dalam menyebarkan cerita-cerita dari perspektif lokal dari komunitas dampingan Eco Bhinneka PPNA (Surakarta-Banyuwangi) yang berkaitan dengan perdamaian dan upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam workshop kali ini terdapat dua pokok bahasan yakni Pengembangan Materi Kampanye di Media Sosial yang telah disampaikan oleh Dzar Al Banna (jurnalis/dosen) dan materi Konten Kreatif di Media Sosial yang dibawakan oleh Zulfa Afin (jurnalis).

Sebanyak 45 orang terlibat dalam kegiatan ini dan berasal dari berbagai latar belakang baik dari perwakilan aktivis, kelompok perempuan, fasilitator daerah dampingan, hingga perwakilan dari kelompok agama. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari tokoh Surakarta,  tokoh Banyuwangi, hingga perwakilan tokoh lintas agama.

Acara ini sungguh luar biasa dan harus direalisasikan dalam tiap momen kegiatan, terutama kesadaran bersosial media yang positif dan persuasif,” ujar Syarifah Siti Fatimah Alaydrus, Tim Fasilitator regional Banyuwangi.

Menurut Reynal Falah, PD Pemuda Muhammadiyah Solo, Eco Bhinneka menjadi arus baru gerakan penyelamatan lingkungan dengan menggabungkan isu lingkungan dan kebhinekaan. Dua arus yang bisa sejalan dan saling mengisi. (/Uswa & Winda)

Berita terkait: