Peningkatan Kapasitas Kurikulum 2013 Pendidikan Usia Dini Pada Guru dan Pengelola PAUD Al Birru Nasyiatul Aisyiyah

13 September 2021
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID -- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan embrio pendidikan anak dalam membentuk generasi bangsa yang unggul dan bermartabat. Pendidikan yang diberikan kepada anak usia 0-6 tahun utamanya mengenalkan aktivitas fisik untuk merangsang perkembangan motorik anak, afeksi serta mengenalkan proses bersosialisasi pada anak. Generasi yang kompeten akan dapat meningkatkan kualitas generasi bangsa semakin maju dan meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia yang berkualitas. Menurut Undang-undang Sistem pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Pentingnya PAUD antara lain PAUD dapat mengoptimalisasi tumbuh  meningkatkan kesiapan sekolah (school readiness), menjembatani kondisi rumah/ budaya keluarga dengan sekolah formal (SD) sehingga transisi ke SD menjadi lebih lancar, PAUD berdampak panjang pada akademik dan ekonomi, dan memberi dampak positif terhadap capaian akademik ketika anak berusia 15 tahun. Mengingat pentingnya PAUD maka pada saat ini telah dikembangkan kurikulum PAUD Tahun 2013, dimana sebelumnya belum ada kurikulum khusus yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di PAUD.

Dengan adanya Kurikulum PAUD Tahun 2013 maka pembelajaran akan lebih terarah dan tercapainya pengembangan Anak Usia Dini Holistik_integratif (PAUD-HI). PAUD-HI merupakan pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistematis, sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan dan usianya (Direktorat PAUD&DIKMAS, 2015).

Dalam mencapai tujuan pembelajaran dalam menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi anak di usia emas diperlukan suatu sistem pembelajaran yang terencana dalam operasional, Perencanaan sistem pendidikan itulah yang disebut dengan kurikulum, Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pengembangan serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan.kegiatan pengembangan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Permen 146 tahun 2014),

Kurikulum PAUD yang terdiri dari seperangkat bahan pembelajaran yang mencakup lingkup perkembangan, yaitu perkembangan moral & agama, fisikmotorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, Kurikulum yang digunakan pada saat ini adalah kurikulum PAUD 2013, Kurikulum PAUD 2013 pada hakikatnya merupakan seperangkat rencana yang akan dilakukan selama proses pembelajaran, sehingga mutlak diperlukan oleh setiap satuan pendidikan, Kurikulum PAUD disiapkan oleh satuan PAUD yang bersangkutan sesuai dengan kebutuhan anak dengan mengacu pada dalam Permen No, 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD, Setiap anak diberi kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai potensi masing-masing, Pendidik bertugas membantu, jika anak membutuhkan, Selain itu dalam kurikulum 2013 ini setiap Lembaga PAUD dapat mengembangkan kurikulum sendiri sesuai dengan ciri lembaga masing-masing dengan memenuhi prinsip dan capaian perkembangan minimal yang tertera dalam Permendiknas No, 137 Tahun 2014 tentang Standar PAUD, sebagai acuan,

Secara substansi operasional PAUD Al Birru Nasyiatul Aisyiyah sudahmenerapkan kurikulum PAUD 2013, namun dalam pelakanaannya masih belum optimal dikarenakan beberapa permasalahan yang dihadapi. Secara garis besar masalah yang dihadapi dalam pengembangan PAUD Al Birru Nasyiatul Aisyiyah yaitu input, proses, dan output, Permasalahan terkait dengan input yaitu adanya keterbatasan dalam sumber daya pengajar. Keterbatasan ini dikarenakan tidak semua staf pengajar di PAUD Al Birru Nasyiatul Aisyiyah memiliki latar belakang pendidikan usia dini, Oleh karena itu dalam mengaplikasikan kurikulum 2013, para guru masih belum memiliki kapasitas yang cukup untuk dapat menterjemahkan konsep dari kurikulum tersebut kedalam proses pembelajaran.

Selengkapnya : Download 

 

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us