Adakan Syawalan dan Silaturahmi, Nasyiatul Aisyiyah Rekatkan Ukhuwah

23 Mei 2021
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, YOGAYKARTA-- Masih dalam suasana Idulfitri, Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah menyelenggarakan Silaturahmi dan Syawalan Nasyiatul Aisyiyah 1442 H secara virtual melalui Zoom Cloud Meeting, Sabtu siang (22/5). Syawalan ini dihadiri oleh kader Nasyiatul Aisyiyah dari seluruh Indonesia.

Bulan Syawal tahun ini sangat berbeda, selain karena pandemi belum usai, Idulfitri berlangsung di tengah kabar duka Palestina.

“Saat ini sudah 200 lebih korban jiwa di Palestina yang Insyallah syahid. Sebagian korban adalah anak-anak sekitar 30-40 orang, juga kaum perempuan. Kita semua sebagai sesama umat muslim harus selalu mendoakan dan juga berupaya melakukan apa yang bisa dilakukan untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Palestina,” pesan Diyah Puspitarini, Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, mengawali sambutannya.

Diyah melanjutkan, istilah syawalan dan halalbihalal sebenarnya budaya Indonesia yang sudah ada sejak sebelum kemerdekaan. Berdasarkan artefak yang ditemukan Suara Muhammadiyah, pada 1344 H, bertepatan dengan tahun 1916 atau 1917 M, Suara Muhammadiyah mengumumkan menerima iklan atau ucapan halalbihalal.

“Syawalan, bani, trah, keluarga besar, keluarga kecil saling syawalan menjadi kebudayaan yang bagus dan perlu dilestarikan karena memberikan penguatan antarsaudara dan antarsesama umat muslim,” imbuhnya.

Di masa pandemi ini, syawalan dialihkan menjadi virtual. Meskipun tidak bertemu secara langsung, syawalan virtual tidak mengurangi esensi dan substansi untuk saling menghalalkan, memaafkan apabila ada kesalahan. (Latifah)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us