Bersama Kementerian Sosial, Nasyiatul Aisyiyah Siap Tangani Permasalahan Anak

22 Mei 2021
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, JAKARTA -- Nasyiatul Aisyiyah menyatakan kesiapannya untuk mendukung dan turut andil dalam penanganan permasalahan anak. Hal ini disampaikan oleh jajaran Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah dalam kunjungannya ke Kementrian Sosial, Jakarta (21/5).

“Dengan pengalaman dan jaringan yang luas, saya minta Nasyiatul Aisyiyah bisa membantu Kementerian Sosial dalam penanganan berbagai masalah anak,” demikian permintaan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, dalam audiensi bersama Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah di ruang kerjanya.

Mensos mengungkapkan, saat ini banyak tantangan yang harus anak hadapi. Di antaranya adalah kecanduan gadget yang dilatarbelakangi oleh kemudahan akses teknologi. Selain itu anak rentan mengalami kekerasan fisik ataupun seksual dari orang-orang di sekitarnya.

“Belum lagi anak yang tinggal di kawasan rawan bencana,” tambah Risma.

Bencana, seperti pandemi COVID-19 saat ini, adalah tantangan tersendiri. Pandemi berdampak pada menurunnya perekonomian, serta naiknya angka keluarga miskin.

“Tentu ini berdampak pada anak. Harus ada langkah-langkah serius dan sistematis, jangan sampai terjadi lost generation,” demikian disampaikan Mensos.

Menanggapi harapan Mensos, Diyah Puspitarini menyatakan Nasyiatul Aisyiyah siap mendukung, sebab permasalahan anak memang menjadi salah satu isu utama yang digarap Nasyiatul Aisyiyah.

Selain itu, Nasyiatul Aisyiyah mempunyai sumber daya yang memenuhi untuk membantu program Kemensos dalam penanganan masalah anak.

 “Kader Nasyiah masih muda, rata-rata antara 17-40 tahun. Dan tersebar di seluruh tanah air, baik tingkat nasional, maupun provinsi dan kabupaten/kota. Bahkan ada di 1800-an tingkat kelurahan/desa. Mereka rata-rata sarjana,” jelas Diyah, Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Sebagai upaya pendampingan bagi anak korban kekerasan serta korban gadget, Diyah menuturkan bahwa Nasyiatul Aisyiyah nantinya akan mengaktifkan program “Pashmina” Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiah. Anak-anak yang tinggal di kawasan bencana pun akan didampingi melaului program-program terkait anak lainnya. (Latifah)

 

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us