Sandiaga : Nasyiah Telah Memiliki Terobosan dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0

09 November 2019
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, PALEMBANG -- Revolusi industri 4.0 telah memasuki Indonesia. Melihat perkembangan itu, Sandiaga Salahudin Uno, pendiri PT Saratoga Advisor mengungkapkan bahwa Nasyiatul Aisyiyah (NA)  telah memiliki trobosan dalam revolusi Industri 4.0.

"Saya melihat tadi ada terobosan dari perempuan-perempuan hebat NA, yaitu badan usaha amal Nasyiatul Aisyah berarti ini adalah kesadaran bahwa kemandirian itu tidak tumbuh dengan sendirinya, kemandirian itu tidak diperoleh dari pemerintah, tetapi kemandirian itu kita perjuangkan sendiri," kata Sandi,  dalam sesi Sidang Pleno V Tanwir II NA bertempat di Hotel Swarna Dwipa Palembang, Sabtu (9/11).

Bagi Sandiaga, satu hal yang paling mengena yang sering disebut di kalangan Muhammadiyah adalah fastabiqul khairat, kita berlomba-lomba dalam kebaikan, dan harapannya kemandirian itu hadir dengan kita berlomba-lomba.

Sandi juga sangat terkesan dengan semboyan albirru manittaqo yang artinya kebajikan datang kepada orang-orang bertaqwa. "Ini adalah kebajikan untuk kemandirian kita, bahwasanya ibu-ibu NA adalah kemandirian kita ke depannya," lanjut Sandiaga yang akrab disapa Bang Sandi. 

Ada 3 hal yang ingin Sandi titipkan kepada ibu-ibu muda NA saat ini. "Pertama, kita harus terus berinovasi di era revolusi industri 4.0, jangan berhenti berinovasi, lakukanlah 3 hal dalam berinovasi, yaitu lakukanlah yang lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Inovasi adalah satu pilar utama dalam interpreneurship," jelas Sandi.

Sandi melanjutkan yang kedua, adalah pentingnya kolaborasi. Menurutnya, kolaborasi itu meningkatkan jejaring dalam berusaha dan kolaborasi identik dengan silaturahmi, silaturahmi selalu mendatangkan dua hal yaitu panjang umur dan murah rezeki.

"Yang ketiga adalah kita harus proaktif, kita tidak bisa menunggu bola tetapi jemput bola, ekonomi kreatif revolusi industri 4.0 harus pro aktif, ambil setiap resiko. Nanti kita harapkan ada kerjasama antara NA dengan program kami, " pungkasnya.

Dalam kesempatan ini Nasyiatul Aisyiyah memberikan rompi kepada Sandiaga Uno dan mendapuknya menjadi "Duta Zero Stunting".(Syifa)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us