Workshop Bareng KPK, Nasyiatul Aisyiyah Ambil Peran dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

11 September 2019
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, YOGYAKARTA -- Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah bekerjasama dengan Tim Masyarakat Sipil Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK mengadakan workshop dan talkshow antikorupsi. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi dari Program “Pendidikan, Kampanye dan Sosialisasi Antikorupsi Kepada Masyarakat Sipil tahun 2019”. 

 

Kegiatan talkshow antikorupsi dilaksanakan pada hari Jum’at, 30 Agustus 2019, sedangkan kegiatan workshop dilaksanakan pada hari Jum’at s.d Ahad, 30 Agustus – 1 September. Peserta talkshow dihadiri sekitar 120 orang peserta yg datang dari kalangan kader Nasyiatul Aisyiyah, umum, dan mitra KPK. Acara berlangsung dengan semarak dari pukul 08.00 – 11.30 WIB. Sedangkan untuk worshop dimulai ba’da jumatan yang diikuti oleh sekitar 50 peserta. Peserta workshop khusus perempuan berasal dari kalangan kader Nasyiatul Aisyiyah dan umum. 

Acara selama 3 hari dilaksanakan di aula lantai 3 Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Jl. Cikditiro no. 23 Gondokusuman Yogyakarta. Dibuka oleh Direktur Dikyanmas KPK, acara dilanjutkan dengan talkshow yang diisi oleh 3 orang pembicara. Tiga orang yang menjadi pembicara berasal dari background yang berbeda-beda, yaitu DR. M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum. (Ketua KPK 2010-2011), Giri Suprapdiono (Direktur Dikyanmas KPK), dan Tarman Budianto (Akademisi Antikorupsi dari Yogyakarta). 

Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan acara ini, yaitu: 1) Menambahkan pengetahuan, pemahaman dan sikap terhadap pencegahan korupsi, 2) Meningkatkan keterlibatan perempuan dalam pencegahan korupsi, 3) Membentuk forum serta gerakan gerakan perempuan antikorupsi, 4) Meningkatkan jejaring antikorupsi perempuan islam. 

Selama acara workshop berlangsung peserta terlibat aktif dalam setiap sesi kegiatan. Hal ini tidak terlepas dari pemateri dan konsep workshop yang menarik. Workshop di hari pertama dan kedua lebih banyak diisi dengan pemaparan materi. Beberapa pemateri yang hadir seperti Sari Angraeni (Litbang KPK), Sandri Justiana (Pusat Edukasi Antikorupsi), Rimawan Pradiptyo (FEB UGM).

 

Hari terakhir workshop, peserta diajak untuk praktek membuat konten digital antikorupsi yang diisi oleh Chrystelina GS (Humas KPK). Selain itu peserta mempraktekkan permainan broadgame KPK yang seru dipandu oleh fasilitator. Di akhir sesi, peserta diajak untuk membuat rencana aksi dan dipresentasikan. Harapannya materi yang dipelajari selama talkshow dan workshop dapat dipraktekkan langsung dalam aktivitas keseharian. Sehingga dapat menumbuhkan dan memperbanyak gerakan-gerakan nyata melawan korupsi yang berasal dari golongan perempuan.

Sebagian peserta menyampaikan harapan besar dalam forum mereka agar korupsi dapat hilang dari negeri ini. Selama kegiatan peserta dibekali informasi dan skill untuk melakukan gerakan antikorupsi sesuai dengan potensi dan kemampuannya. Peserta antusias selama kegiatan berlangsung dan semangat untuk ikut serta dalam melawan korupsi. Panitia berharap peserta dapat mengikuti pelatihan lanjutan dalam pelatihan penyuluh antikorupsi selama 5 hari. 

Kegiatan ini bertepatan dengan momentum pergantian pimpinan KPK yang baru. Oleh karena itu, peserta melakukan aksi dengan menuliskan seperti apa calon pimpinan KPK baru yang mereka harapkan. Salah satu harapannya, calon pompinan KPK mendatang adalah orang dengan integritas tinggi yang bisa menyelamatkan generasi dan bangsa dari korupsi. Harapan yang mereka tulis dibuat menjadi sebuah konten yang diviralkan melalui media sosial. (nisa kominmas)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us