Kurangi Ketergantungan Gawai Pada Anak, Nasyiah Semarakkan Program "Jam Main Kita"

Kurangi Ketergantungan Gawai Pada Anak, Nasyiah Semarakkan Program

Nasyiah.or.id, Yogyakarta -- Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) bekerjasama dengan Pekerti Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ahmad Dahlan (PAUD UAD) menggelar kegiatan "Jam Main Kita" di Pelataran Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta pada Ahad (22/7). Kegiatan ini, diikuti oleh 50-an balita hingga anak-anak. 

Disampaikan Diyah Puspitarini, Ketua Umum PPNA, menuturkan bahwa, kegiatan Jam Main Kita adalah program yang digagas oleh 

Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) dengan melibatkan pihak-pihak yang memiliki kesamaan visi, salah satunya Nasyiatul Aisyiyah. "Kegiatan ini juga kami laksanakan dalam rangka memperingati hari anak nasional yang jatuh pada 23 Juli besok. Kami ingin mengenalkan kembali permainan tradisional kepada anak-anak, tujuannya agar bisa mengurangi ketergantungan terhadap gawai," ujar Dyah. 

Tak hanya di tingkat pusat, Diyah juga menghimbau seluruh Pimpinan Wilayah hingga Pimpinan Ranting NA untuk melaksanakan kegiatan "Jam Main Kita". Menurut Diyah, ketika anak bermain di luar ruangan dan banyak melibatkan aktivitas fisik, maka akan mendorong stimulasi motorik dan psikologis anak yang kemudian akan membantu perkembangannya.

 "Kita sadar betul bahwa anak adalah aset bangsa, maka harus dididik sebaik mungkin. Pendidikan tidak semata tentang bangku sekolah, namun permainan tradisional yang mendidik juga merupakan sarana pendidikan," katanya.

(sumber berita : muhammadiyah.or.id / Foto : Dokumentasi PP NA)

Berita terkait: