Release PP NA terkait Acara Nobar Kartini

11 April 2018
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, YOGYAKARTA  – Anggun, tertib, tradisional, adalah kata-kata yang menggambarkan Raden Ajeng Kartini sebelum para peserta nobar melihat film Kartini karya Hanung Bramantyo. Lebih dari 200 peserta baik dari kader Nasyiatul Aisyiyah maupun undangan dan peserta lain datang memenuhi aula Grha Suara Muhammadiyah semalam. Film ini ditonton dalam rangka kajian rutin bulanan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah yang diselenggarakan pada sabtu, 7 April 2018. 

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah menyelenggarakan kajian pada bulan April ini berbeda dengan kajian-kajian di bulan lainnya yaitu dengan nonton bareng Film Kartini. Hal ini karena bulan april adalah bulan yg identik dengan acara kartinian. Yaitu acara yang mengingatkan kita pada seorang pahlawan perempuan, pejuang emansipasi, yaitu Raden Ajeng Kartini. "Dengan melihat film kartini Nasyiatul Aisyiyah ingin mengenal sosok kartini dengan lebih dekat, karena dari kartini pula KH.A.Dahlan dan nyi walidah terinspirasi untuk mendirikan sekolah perempuan (Sopo Tresno)", ungkap Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Diyah Puspitarini.

Acara ini didampingi langsung oleh sutradara dan penulis Film Kartini yaitu Hanung Bramantyo dan Bagus Bramanti. Juga hadir ketua Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bapak Budi Setiawan. 

Pada kesempatan tersebut, Disampaikan oleh Agus bahwa riset dan menulis skenario untuk Film Kartini ini membutuhkan waktu 1 tahun, agar dapat menyajikan sosok kartini yang sebenarnya, yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Melalui film ini, akhirnya khalayak tahu bahwa Kartini adalah pribadi yang enerjik, kritis, "pencilakan". Tidak hanya peduli pada masalah pendidikan masyarakat, namun beliau juga sangat peduli pada kondisi perekonomian masyarakat Jepara. Melakukan pemberdayaan masyarakat Jepara dengan ide kreatif dan keberanian yang luar biasa. 

Terlihat dari film ini,  Kartini memerangi penjajah bukan dengan perang melawan Belanda, tapi dengan perang melawan kolonialisme dan budaya patriarki bangsanya sendiri terutama di dalam keluarganya sendiri. Suatu sikap yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang radikal dan penuh kebijaksanaan. Baginya, kolonialisme bukan berwujud manusia tapi rasa tidak percaya diri, merasa minder terhadap bangsa lain, dan itu sudah tersistem sejak lama. 

Disampaikan oleh Hanung,   bahwa Kartini dan 2 adiknya yaitu kardinah dan roekmini menjadikan kamar pingitan sebagai tempat yang paling baik dan membuatnya merdeka. "Di dalam kamar pingitan, adalah tempat Kartini merasa paling merdeka, dengan buku-buku dan pemikirannya". Jelas hanung saat dialog dengan peserta. 

Kartini tidak mau belajar dari yang bukan ahlinya. Beliau tidak mau belajar membaca Al quran saat kecil karena gurunya tidak mengetahui arti yang terkandung dalam Al-qur'an. Namun setelah bertemu Kyai Sholeh Darat yang memahami Al-Qur'an dan maknanya, saat menjelaskan makna surat Al-Fatihah yang ternyata begitu indah, dari sinilah Kartini mulai belajar Al-Qur'an. Bahkan semakin yakin bahwa menuntut ilmu adalah kewajiban setiap manusia baik laki-laki maupun perempuan. 

 Keputusannya untuk mau dinikahi oleh pria yang sudah beristri bukan semata-mata karena menyerah pada kondisi. Namun hal tersebut adalah sebuah keputusan yang bijaksana, bahkan syarat yang diajukannya terhadap pinangan Bupati Rembang adalah syarat yang sangat berpihak terhadap harga diri dan martabat perempuan. 

Kartini adalah tokoh perempuan yang inspiratif, seperti halnya Cut Nyak Dien,   Laksamana Malahayati, Nyai Walidah, dan tokoh perempuan lain yang berjuang dan inspiratif sesuai situasi dan kondisi pada zamannya.

Satu pelajaran berharga lainnya adalah bahwa setiap kita dapat menjadi inspiratif selama ia mau belajar, bermanfaat untuk orang lain dan mau membangun lingkungannya.(-kominmas)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us