Stunting Summit 2018 : Keluarga Muda Tangguh Nasyiatul Aisyiyah Upaya Pencegahan Stanting

30 Maret 2018
Penulis : PP NA


NASYIAH.OR.ID, JAKARTA -- Stanting masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia. Oleh karena itu Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah (PPNA) mengukuhkan gerakan Keluarga Muda Tangguh Nasyiatul Aisyiyah (KMTNA) guna mendorong penurunan kasus stunting pada balita di Indonesia. 

"Nasyiatul Aisyiyah memiliki 10 pilar keluarga muda tangguh, yang salah satunya adalah sehat jasmani dan rohani. Stanting merupakan hambatan sehat jasmani dan rohani dalam mewujudkan keluarga muda tangguh," jelas Khotimun Sutanti, Ketua Bidang Kemasyarakatan PPNA yang menyampaikan Pengalaman Praktik Baik dalam Kegiatan Pencegahan Stanting oleh Nasyiatul Aisyiyah di acara Stunting Summit yang diselenggarakan 28 Maret 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Isu stanting menjadi isu yg massif dikampanyekan oleh kader NA, kata Khotimun, karena usia anggota NA adalah 17-40 tahun yang merupakan usia pra perkawinan, dan keluarga muda di mana ada masa hamil, menyusui, dan MPASI yang merupakan waktu strategis pencegahan stanting dalam 1000 HPK  

"Berbagai kampanye telah dilakukan oleh PPNA maupun NA di daerah-daerah. Selain itu isu stanting juga telah masuk dalam fiqh anak yang disusun oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Ini adalah komitmen, dalam Islam tidak boleh meninggalkan generasi yang lemah," papar Imun.

Selain itu, ada juga program intensif cegah stanting di Kapuas Hulu dengan adanya multistakeholder forum, kelas ibu hamil, aktivasi posyandu, pelibatan toga dan tomas. Bupati Kapuas Hulu telah memberikan dukungan dan menandatangani komitmen akan memasukkan isu stanting dalam program-programnya.

Stanting Summit diselenggarakan oleh Bappenas bersama Millenium Challenge Account (MCA) Indonesia (kerjasama Indonesia- Amerika) dan Unicef dengan dukungan berbagai pihak. Dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Kedutaan Amerika, perwakilan pemerintah daerah dan kepala desa, organisasi masyarakat sipil, dan swasta. (M-kominmas)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us