Angka Perceraian Meningkat, PDNA Purworejo Lakukan Pembinaan Bagi Generasi Muda

Angka Perceraian Meningkat, PDNA Purworejo Lakukan Pembinaan Bagi Generasi Muda

NASYIAH.OR.ID , PURWOREJO – Mempersiapkan generasi muda yang siap membangun rumah tangga, Pimpinan Daerah Nasyiatul ‘Aisyiyah (PDNA) Kabupaten Purworejo menyelenggarakan Seminar SAMARA (Sakinah Mawadah Warahmah) edisi Pra-nikah, pada Ahad (18/3) di Lantai 3 Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo. 

 

Hal ini mengingat akan tingginya perceraian di Kabupaten Purworejo yang pada 2017 yang mencapai 1.224 kasus (Data Pengadilan Agama Purworejo) menjadi salah satu latar belakang menjawab problematika tersebut.

 

Nur Ngazizah, Ketua PDNA Purworejo mengatakan, tujuan diadakannnya kegiatan ini adalah membina mempersiapkan generasi muda untuk dapat paham serta cerdas sebagai pemilih pemula dan siap menikah agar tidak terjadi kegagalan di kemudian hari dalam rumah tangga. Karena anak muda yang matang yakni mereka yang sudah mempersiapkan dirinya dengan baik.

 

“Ke depan akan diadakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) berupa SAMARA Course (Kursus Sakinah Mawaddah Warahmah) yang disusun kurikulum dengan 10 materi disampaikan dalam 10 pertemuan selama 5 bulan seperti fiqih munakahat, komunikasi suami-istri, manajemen keuangan rumah tangga pasca pernikahan dan sebagainya dengan melibatkan banyak pakar dalam bidang tersebut. sehingga harapannya setelah selesai nantinya para generasi muda kader NA, AMM dan peserta lainnya siap membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah warahmah,”ungkap Nur Ngazizah.

 

Kegiatan ini diikuti oleh 180 orang yang berasal dari perwakilan Pimpinan Cabang Nasyiatul `Aisyiyah se-Kabupaten Purworejo, perwakilan Angkatan Muda Muhammadiyah, Pelajar dan mahasiswa. “Hal ini membuktikan bahwa masih banyak pemuda dan pemudi yang perlu banyak pembinaan dalam persoalan ini. Nasyiatul ‘Aisyiyah sebagai gerakan perempuan memandang perlu menghadirkan pembinaan terhadap perempuan. Selain Seminar Samara edisi pra-nikah dan Samara Course, juga disiapkan pula seminar parenting,”pungkasnya.

 

Kegiatan ini diapresiasi oleh Pudjiono, Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo yang hadir dan membuka secara resmi agenda. “Acara Seminar SAMARA edisi Pra-nikah yang didalamnya pembinaan pemuda dan pemudi sebelum menikah itu sangatlah penting agar terhindar dari pergaulan remaja yang semakin hari semakin mengkhawatirkan,”ujarnya.l

 

“Dengan menghadirkan pembicara yang konsen dalam masalah psikologi, kesehatan reproduksi dan pakar ekonomi seminar ini akan menjadikan pemuda-pemdi yang hadir menjadi generasi yang siap menikah sehingga kematangan dan kedewasaan terpenuhi sehingga tujuan sakinah, mawadah dan warahmah yang dicita-citakan dapat terpenuhi,“imbuhnya.

 

Acara Seminar Pranikah ini yang diawali dengan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur oleh Akhmaliyah, komisinoer KPU Purworejo. Sedangkan Seminar SAMARA edisi Pra-Nikah menghadirkan pembicara diantaranya Muhammad Arif Riski, Praktisi Psikologi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dedi Runanto, Dosen Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan Siti Khuzaiyah, Penulis buku “Secret of Teens”. (Syifa)

 

Sumber : www.muhammadiyah.or.id

Berita terkait: