Musywil Aceh : Nasyiatul Aisyiyah Menjadi Gerakan Perempuan Muda Berkemajuan untuk Kemandirian Bangsa

26 September 2017
Penulis : PP NA


Nasyiah.or.id, Aceh -- Aktifnya geliat perkaderan dalam persyarikatan ditandai dengan adanya pergantian kepemimpinan secara periodik. Hal ini juga dilakukan oleh Nasyiatul Aisyiyah sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah yang bergerak dalam ranah perempuan muda dan anak. Seperti yang dilaksanakan oleh Nasyiatul Aisyiyah Aceh yang menggelar musyawarah wilayah pada 1-3 Muharram 1439 H / 21-23 September 2017 di Akbid Muhammadiyah, Banda Aceh.

Dalam kesempatan musywil ini, Alfia Nuriska, Ketua Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah bidang Ekonomi menyampaikan bahwa Nasyiatul Aisyiyah hendaknya tetap memiliki spirit pencerahan, progresif dan membawa perubahan positif seperti spirit awal berdirinya. 

"Arah kebijakan Nasyiatul Aisyiyah periode ini sebagai gerakan perempuan muda berkemajuan untuk kemandirian bangsa dapat dilihat dengan 3 indikator pencapaian," jelas Alfia.

"Indikator tersebut di antaranya : penguasaan soft skill dan hard skill Kader dibidang masing-masing; massifnya publikasi dalam bentuk bilingual; dan menggiatkan advokasi berbasis nilai profetik," tambah Alfia

Afia berharap terselenggaranya musywil ini dapat memunculkan pemimpin yang amanah dan bisa melanjutkan estafet kepemimpinan dengan baik sehingga Nasyiatul Aisyiyah di Aceh semakin berkemajuan, progresif dan membawa pengaruh positif dengan program-program yang dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat.

Dalam rangkaian Musywil XIII Nasyiatul Aisyiyah Aceh, dilaksanakan juga diskusi panel dengan tema Kemandirian Perempuan dalam Pembangunan Aceh,  diskusi tentang kemandirian ekonomi dan diskusi panel tentang peran perempuan dalam penerapan syariat Islam di Aceh. 

Musywil yang berlangsung selama 3 hari membahas berbagai hal di antaranya laporan pertanggungjawaban PWNA Aceh periode 2012-2016, laporan & tanggapan dari PDNA se Aceh, pemilihan calon pimpinan periode 2016-2020, arah kebijakan program PWNA Aceh 2016-2020, rekomendasi yang penting disampaikan ke pemerintah Aceh sampai tingkat Kabupaten/Kota yang berada di Aceh terkait program Nasyiatul Aisyiyah Aceh. 

Perlu diketahui pula bahwa pimpinan wilayah aceh Nasyiatul Aisyiyah Aceh ini terdiri dari 18 PDNA  dan yang hadir pada musywil kali ini sebanyak 13 pdna dgn jumlah peserta, peninjau, dan penggembira 120 orang.

Di akhir musywil, terpilihlah Yurni Hardianti, ketua PWNA Aceh 2016-2020 menggantikan Syarifah Aini.


Yurni Hadiarti, ketua PWNA Aceh terpiliah berharap agar seluruh Wilayah dan Daerah berdampingan memajukan Nasyiatul Aisyiyah Aceh dalam bingkai kemandirian. Selain itu Nasyiatul Aisyiyah Aceh juga dapat bermitra dengan pemerintah, salah satunya dengan Dinas Syariat Islam terkait program keluarga sakinah.

 

Kominmas (mon/alfia)

Contact Us

Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah

Kantor Yogyakarta

Jalan KHA. Dahlan No 103, Yogyakarta
Kode Pos 55262
  (0274) 411610

Kantor Jakarta

Jalan Menteng Raya No 62, Jakarta
Kode Pos 10340
  (021) 39899789

Find Us