Pashmina Wujud Nyata Kepedulian Nasyiatul Aisyiyah untuk Ummat

Pashmina Wujud Nyata Kepedulian Nasyiatul Aisyiyah untuk Ummat

Nasyiah.or.id, Banten --Sesuai dengan Misi Nasyiatul Aisyiyah (NA), yakni "Melaksanakan dakwah Islam Amar Ma'ruf Nahi Munnkar dalam membina putri Islam yang berarti bagi agama, bangsa, dan negara menuju terwujudnya masyarakat yang sebenar-benarnya" bukanlah hanya menjadi sekadar misi, tanpa tindakan.

Hal ini tercermin dari adanya penyelenggaraan kegiatan PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik NA) sebagai bagian dalam acara Nusantara Berkurban Untuk Indonesia Berkemajuan di Desa Mekar Agung, Lebak Banten, Sabtu, (02/09) yang merupakan bentuk kerjasama antara Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah dengan Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Banten untuk pendistribusian hewan kurban dari LAZISMU PP Muhammadiyah.

Sosialisai PASHMINA dalam rangka penyerahan hewan kurban pun mendapat tanggapan positif dari Kepala Desa Mekar Agung. Dalam sambutannya, Nining, Kepala Desa Mekar Agung mengatakan bahwa sosialisasi mengenai kesehatan ataupun pemberian hewan kurban oleh PPNA dan LAZISMU merupakan pertama kalinya yang dirasakan warga Mekar Agung. 
"Antusiasme warga dalam keikutsertaan pada pos-pos PASHMINA di lihat sebagai respon positif untuk kegiatan NA," jelasnya.

PASHMINA merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Nasyiatul Aisyiyah sebagai bentuk pengabdian masyarakat, di mana anggota NA memberikan pemahaman serta edukasi mengenai kesehatan terutama untuk perempuan dan anak.. Serta pelayanan masyarakat lainnya seperti, cek kesehatan, konseling kesehatan, konseling psikologi dan sebagainya. 

Rosy Siti Rahmawaty, Ketua Umum Pimpinan Wilayah Banten Nasyiatul Aisyiyah,  mengatakan bahwa pemilihan desa Mekar Agung, Kabupaten Lebak sebagai tempat sosialisasi PASHMINA dikarenakan, desa tersebut berada di salah satu Kabupaten yang tertinggal di daerah Banten. 

"Nasyiatul Aisyiyah melihat masih kurangnya pemahaman warga tentang kesehatan ibu dan anak, masih banyaknya anak yang putus sekolah, serta akses jalan yang sulit dijangkau," jelasnya.

Rosy menyampaikan kegembiraannya melihat antusiasme warga pada pos-pos yang disediakan oleh NA "Semoga ke depan Nasyiatul Aisyiyah dapat lebih banyak memiliki SDM di berbagai daerah untuk dapat menyelenggarakan pashmina secara masif.," ujarnya.

"Remaja merupakan aset besar bangsa yang kurang mendapat perhatian seperti berupa  pemeriksaan fisik, kesehatan reproduksi dan edukasi penting. Padahal remaja sehat adalah cikal bakal generasi yang hebat," tutup Rosy.

 

(Nep/M/Kominmas).


 

Berita terkait: